RESUME PKKMB DAY 2
Di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), hari pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) menjadi acara penting yang menandai awal perjalanan akademik mahasiswa baru.
1. Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan soclety 5.0
• tantangan adalah peluang terbesar kita ketika kita menggunakan tantangan-tantangan tersebut sebagai batu loncatan dan mengubahnya menjadi peluang, tantangan-tantangan tersebut menjadi kesempatan untuk berkembang, berekspansi, dan mendapatkan kepercayaan diri.
• syarat bermain sosial media ketika happy jangan berjanji ketika emosi bereaksi Saat sedang marah, otomatis kepala dan hati panas. Tak bisa berpikir jernih. Yang dikedepankan tak lebih hanya emosi. Maka keputusan yang di ambil pada waktu itu saat sedang marah, biasanya keputusan yang tidak tepat. Terlampau tergesa – gesa, hingga seringkali menimbulkan sesal di akhir.
2. Generasi sukses berlandaskan Aswaja An-Nahdliyah
Madzhab politik
. Syi'ah
. Khawarij
Madzab Aqidah
. Mu'tazilah
. Qadiriyah
. Jabariyah
. Asy'ariyah, Maturidiyah
Aliran baru
. Salafi, Wahabi
. Bahaiyah
. Amadiyah
Tarikh al-madzahib
Syaikh Abu zahrah, Mesir
Akidah (Iman) mengikuti :
1. Asy'ari
2. Maturidi
Fiqih (Islam) mengikuti :
1. Hanafi
2. Maliki
3. Syafi'i
4. Hambali
Akhlaq (Tasawuf) mengikuti :
1. Al-Junaid
2. Al-ghazali
Sikap kemasyarakatan NU
1. Tawassuth dan I'tidal : Adil
2. Tasamuh : Toleransi
3. Tawazun : seimbang
4. Amar ma'ruf nahi munkar : Mengajak kebaikan meninggalkan kemunkaran
- Imam Bukhari memiliki karya kitab "Adab Mufrad" Didalamnya ada hadits daif
- Imam Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad bin hamba, dll menerima hadits dail.
3. Personal Branding
• mengapa perlu personal branding?
Personal branding perlu dimiliki oleh individu untuk dapat bersaing di dunia kerja, menggapai pekerjaan, dan pengembangan profesi kerja.
• Personal branding
adalah proses membangun dan mempromosikan citra dari yang unik dan konsisten.
• Tujuan Personal branding
* membedakan diri dari orang lain
* membangun reputasi yang baik
* menarik peluang profesional dan bisnis
• Langka membangun personal branding
1. menentukan tujuan dan audiens siapa target audiens? Apa tujuan personal branding anda?.
2. identifikasi nilai unik anda. Apa yang membedakan Anda dari yang lain?.
3. membangun online presence optimalkan profil LinkedIn, buat konten berkualitas dan interaksi komunikasi.
4. membangun jaringan, jalin hubungan dengan profesional di industri anda.
5. konsistensi dan otentisitas: tetap autentik dan konsisten dalam menyampaikan pesan anda.
Sebagai mahasiswa baru di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi S1 PGSD, hari kedua PKKMB telah memberikan saya bekal berharga tentang materi-materi yang telah disampaikan. Namun, di atas adalah beberapa materi yang membuat saya tertarik untuk mengangkatnya ke dalam artikel ini. Beberapa materi yang saya angkat yaitu :
Komentar
Posting Komentar